TIPS: Bagaimana Merawat Rantai Sepeda Motor

Artikel ini terdiri dari 4 aspek penting dalam merawat rantai sepeda motor :

Inspeksi, Membersihkan, melumasi dan Penyetelan.

Awalnya saya mengunjungi pameran dan mendengar penjelasan serta demonstrasi produk PRIMO Autocare khusus perawatan rantai seped motor, tadinya saya kira biasa aja seperti produk umum lainnya di supermarket yang juga ada kok, tapi setelah melihat penjelasan dan demonstrasinya, wah……jadi kepingin nyoba.

Produk PRIMO yang disampaikan ada 3 produk, (LUBE-10 = Pembersih Rantai ; LUBE WAX = Pelumas dan Wax u/ rantai) tetapi yang paling menarik dan diunggulkan adalah yang SLICK WAX untuk Chain Lubricant & Wax, yang memiliki kemampuan tetap ditempat/awet serta pelumasan SUPER LICIN yang membuat super tahan aus.

Menurut Technical Support PRIMO,  Wax biasa tidak memiliki kemampuan pemulasan tetapi Wax di SLICK WAX ini sangat unik, memiliki sifat anti aus dan sekaligus anti karat. Lebih menariknya, SLICK WAX bisa menurunkan koefisien gesek sampai 70% oleh formula aditif metal treatment NIB (NANO IONIC BOND) yang membuat lapisan baru dimetal yang SUPER LICIN sehingga dijuluki PELUMAS HAMPIR TIDAK AUS.

Melihat bukti melalui demo antara beberapa produk lainnya dengan produk PRIMO, hasilnya boleh diacung jempol deh, dimana SLICK WAX bisa menahan beban lebih dari 3x lipat dan tahan aus diprediksi sampai 25x lipat dari produk lainnya melalui alat yang disebut FALEX TEST KEAUSAN.

Nah akhirnya, saya coba ambil beberapa bahan mengenai cara perawatan rantai sepeda motor digabung dengan advis dari Technical PRIMO, jadilah seperti dibawah ini, semoga berguna yach.

Mengapa rantai sepeda motor harus dirawat?

Akselerasi/percepatan yang kuat dan perlambatan meningkatkan ketegangan pada rantai sepeda motor seperti terlihat pada gambar.

Rantai sepeda motor, oli dan ban adalah bagian yang krusial/penting dalam berkenderaan yang aman dan nyaman. Rantai bertindak seperti jagoan dalam berkenderaan motor, ia melakukan tugas sulit dalam mentransfer/memindahkan tenaga dari mesin ke penggerak roda dan tanpa inspeksi dan perawatan dapat mengakibatkan kegagalan, kelumpuhan dan bahkan membahayakan nyawa pengendaranya.

Berapa seringkah Rantai harus di-inspeksi dan disetel?
Tergantung dari berapa agresifnyanya anda berkendera, rantai seharusnya diinspeksi setiap 800 – 1.000 km, atau rata-rata 2 kali sebulan.


Apa yang harus disediakan ditangan saat harus merawat rantai ?
1.    Berbagai ukuran kunci-kunci.
2.    Sikat yang lembut atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai.
3.    Produk Maintenance, disini kita memakai Produk PRIMO :

1. PEMBERSIH: PRIMO LUBE-10, tidak berbau nyengat, bening bersih dan tidak membuat lengket seperti produk lainnya yang diberi pelumas oli lebih banyak

2. PELUMAS: Ada 2 pilihan produk PRIMO yaitu
– PRIMO SLICK WAX yang lebih tinggi harganya hamper 2 kali lipat tapi awet lebih dari 3x dengan tehnology Wax nya yang unik dan Anti Geseknya yang bisa buat kecantol.
– PRIMO LUBE-WAX yang setelah dicoba sudah lebih baik dari produk biasa yang ada dipasaran yang pernah kami coba.

Kalau boleh saya rekomendasikan, pakai saja PRIMO SLICK WAX yang ada NIB sehingga super licin, toh repotnya membersihkan dan melumasi kan ga sebanding dengan harga SLICK WAX yang 2 kali lipat dengan LUBE WAX atau produk Chain Lube umum di pasaran bukan?  Lagian kan asik alami rantai berputar dengan berkurang gesekan 70% bukan ? Apalagi serbaguna, bisa dipakai lumasi penggerak parabola dirumah, engsel, sambungan pin rolling door, dsb.

4.    Pin pasak yang baru (diperlukan jika menyetel tegangan rantai])
5.    Kain lap (untuk mengelap bekas kotoran yang melelh atau disekitar rantai)
6.    Pemukul/palu karet (tambahan, jika perlu)


Bagaimana meng-inspeksi Rantai?

Pakai pengukur mistar (atau secara visual mengukur saja), pegang rantai dibagian tengah diantara sprocket depan dan belakang dan tarik keatas dan kebawah dan pastikan rantai bergerak sekitar 1 inchi keatas maupun waktu kebawah.
Jika rantai bergerak lebih dari 1 inchi keatas/kebawah, maka perlu diketatkan, dan jika terlalu ketat, longgarkan.

Bagaimana Menginspeksi rantai sprocket?

Meng-inspeksi sprocket untuk melihat keausan dari dekat; tajamnya gigi akan memberitahukan dengan jelas bagaimana motor tersebut telah dipakai dan dirawat.Gigi sprocket depan dan belakang adalah indicator yang baik benar tidaknya rantai tersebut disetel atau dirawat. Meng-inspoeksi gigi-gigi rantai untuk memastikan apakah saling bertautan satu sama lainnya dengan rantai dengan posisi yang benar. Jika bagian gigi terjadi keausan, kemungkinan besar gigi tidak duduk benar terhadap rantai , jika kondisinya sudah tajam sekali, artinya siap-siap rogoh kocek untuk ganti sprocket yang baru.

Membersihkan rantai dengan PRIMO LUBE-10

Pastikan memakai pembersih yang sesuai untuk O-ring, dan putarlah roda sewaktu menyemprotkan cairan pembersih pada ranta dan sprocket, Bantu dengan penguasan untuk membersihkan kotoran yang bandel.

Walaupun rantai perlu atau tidak perlu disetel, pastikan rantai anda senantiasa bersih dan terlumasi dengan baik. Pembersihan adalah untuk menghindarkan kotoran menjadi keras dan menggerus logam sehingga aus.

Kebanyakan rantai modern adalah type o-ring dimana memakai komponen karet dan sensitive terhadap solvent tertentu, pilihlah pembersih yang tepat seperti PRIMO LUBE-10.


Melumasi Rantai dengan produk : PRIMO SLICK WAX atau LUBE WAX

Memakai pelumas yang baik dan benar akan memperpanjang usia rantai secara signifikan

Putar perlahan roda sewaktu menyemprotkan dengan tepat lapisan tipis pelumas pada rantai yang akan meneruskannya pada gigi sprocket. Pastikan semua bagian dilumasi dengan sempurna.

Bersihkan kotoran atau cairan pelumas yang berlebihan/berlepotan.

Lap dengan kain cairan yang berlepotan sehingga rantai dan badan kendaraan terlihat bersih dan enak dipandang. Pastikan semua gigi sprocket dan sambungan rantai bersih.

Menyetel Tegangan Rantai (Hanya Jika Perlu)

Tegangan rantai umumnya ditentukan oleh jarak antara sprocket depan dan belakang dan kebanyakan sepeda motor memiliki angka/tanda indek untuk membantu pengaturannya.

Sepeda motor mempunyai perbedaan mekanisme penyesuaian rantai dan umumnya, as roda belakang dan roda diputar-putar kedepan dan kebelakang untuk menyetel tegangan rantai.

Jika tegangan rantai sudah diset benar, maka seharusnya rantai dapat digerakkan keatas dan kebawah dengan jarak diantara 0,75 sampai dengan 1 inchi untuk mengukur tanda kelonggaran rantai yang pas.

Mengetatkan As Roda Belakang

Ketika menggerakkan as roda belakang, pastikan bahwa kedua sisi sudah sejajar/segaris sempurna sebelum diketatkan, jika tidak dapat menyebabkan keausan baik pada rantai maupun sprocket. Secara merata ketatkan baut as roda dan sebaiknya ganti pasak pin dengan yang baru.

Thanks buat para Bikers dan principal PRIMO yang telah memberi masukan berharga bagaimana merawat rantai sepeda motor. Mohon maaf apabila ulasan tersebut kurang berkenan atau masih jauh dari sempurna.

Yang pengen tahu lebih lanjut tentang produk PRIMO, silahkan kunjungi saja websitenya :
Untuk mempermudah anda memperoleh produk PRIMO tersebut, maka dibawah saya sertakan outlet-outlet dimana produk PRIMO dijual. Kabarnya harga LUBE-10 dikisaran 25 ribuan s/d 33 ribuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s